Sunday, September 10, 2006

Proudly Indonesian ?

Alhamdulillah. Itu yang kita ucapkan jika kita bersyukur atas sesuatu. And I am very blessed to get an opps to go to foreign country. Gak jauh-jauh banget sih. Ke Australia. Adelaide tepatnya.

Orang bilang kota ini adalah kota kecil di Oz. Sepi, gak menarik. Tapi kenyataannya? Kota ini gak kecil2 amat kok, sepi gak tau ya, soalnya blom ngebandingin ama kota lain di Oz, tapi dibandingin ama Denpasar, kurang lebih sama lah, in my opinion.


Tapi bukan itu yang mau tak omongin sekarang. Kesan pertama tiba di Australia adalah orang2 nya memang bangga sebagai Australian dan program2 pemerintah serta iklan2 di TV juga menunjukkan itu. Di jalan2 banyak tulisan semacam "Proudly Australian", "Proudly financed by Bank SA", "Australian Owned", "Qantas Spirit of Australia" dlsb. O iya, Bank SA itu Bank South Australia, Bank lokal.

Iklan di TV yang paling menarik adalah iklan obat Herron. Dimulai dengan perbandingan obat tsb dengan Panadol, sama2 mengandung bahan aktif dengan kadar yang sama yang artinya sama2 efektif, kemudian obat Herron yang lain dibandingkan dengan Neurofen dengan pesan yang sama. Kemudian ditutup dengan pesan Panadol and Neurofen adalah foreign owned, jadi profitnya lari ke luar negeri sedangkan Herron adalah Australia owned. The choice is yours!

Smooth...!

Kemudian disambung dengan iklan layanan masyarakat mengenai anak muda Oz. Setiap pembelian produk Herron berarti menyumbang 10 sen untuk anak muda Oz di youngcare.com.au.

Dengan iklan seperti itu, gimana kita gak bangkit rasa nasionalisme dan bangga dengan produk sendiri coba? (Untuk Oz citizen ya...)

Kalau saya sih beli Jamu Sidomuncul aja deh di Thuan Phat hehe...

Pisss!

No comments: